Pangkalan SMP Negeri 1 Kaliwungu Sukses Gelar Kegiatan Pramuka dengan Materi Morse

Kaliwungu, 27 Mei 2023 - Pangkalan SMP Negeri 1 Kaliwungu mengadakan kegiatan Pramuka rutinan yang penuh semangat dengan mengusung materi komunikasi Morse. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Pramuka SMP Negeri 1 Kaliwungu tersebut dimulai dengan upacara pembukaan dengan pembina Kak Fina.

Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 di lapangan bola basket sekolah. Peserta yang terdiri dari siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Kaliwungu berkumpul dengan penuh semangat di bawah panji-panji Pramuka. Dalam upacara pembukaan, Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Kaliwungu, Kak Fina memberikan sambutan yang menginspirasi semua peserta.

"Dalam kegiatan Pramuka kali ini, kita akan mempelajari dan mengasah keterampilan komunikasi dengan menggunakan kode Morse. Kode ini sangat penting untuk diketahui, karena dapat digunakan dalam situasi darurat dan membantu kita untuk berkomunikasi secara efektif di medan yang sulit," kata Kak Fina dengan antusias.

Setelah upacara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan ceking perlengkapan peserta. peserta diberikan pembelajaran pentingnya taat pada tata tertib kepramukaan. Adapun serangkaian latihan dan pelatihan mengenai kode Morse. Setiap peserta diberikan panduan dan diarahkan oleh kakak-kakak Asisten Pembina (AP) yang telah berpengalaman dalam bidang komunikasi ini. Mereka diajarkan tentang tanda-tanda dan bunyi yang menggambarkan huruf-huruf dalam kode Morse.

Setelah beberapa jam latihan, peserta diberikan waktu untuk berlatih langsung menggunakan kode Morse dengan memindahkan pesan-pesan sederhana. Mereka tampak antusias dan tekun dalam mencoba menguasai teknik komunikasi ini. Selain latihan individu, mereka juga diajak untuk bekerja sama dalam regu untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi mereka.

Puncak dari kegiatan ini adalah ujian morse yang dilaksanakan setelah apel penutupan. Setiap regu diuji kemampuan mereka dalam menerima pesan dengan menggunakan kode Morse Bendera. Ujian ini dilakukan dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan. Pembina Pramuka. Kak Dewi dan kak Fina mengirimkan pesan kepada seluruh regu. Tugas setiap regu menyampaikan pesan yang disampaikan dengan Morse Bendera. Setiap regu yang mengetahui pesan yang dikirim bergegas mengacungkan jari untuk menjawab. Apabila regu tersebut benar dalam menjawab pesan Morse Bendera maka satu regu tersebut berhak pulang terlebih dahulu. Kegiatan Ujian ini didukung penuh oleh kakak-kakak Asisten Pembina (AP). 

Kegiatan Pramuka dengan materi Morse ini diakhiri dengan ujian membuat setiap peserta bersemangat dan antusias untuk menjawab pesan terlebih dahulu. Ada jiwa kompetisi dan kerja sama yang muncul dalam kegiatan ini.





Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget